Every Manager is HR Manager: HR for Non HR

Every Manager is HR Manager: HR for Non HR

every manager is hr manager

PENDAHULUAN :
(Every Manager is HR Manager) – Sebagaimana kita maklumi bahwa Human Resources (HR) atau Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di setiap perusahaan adalah “motor penggerak utama” lajunya “bahtera usaha” agar dapat mencapai “pantai kesuksesan” yang menjadi “objectives atau goal” yang ditargetkan oleh Manajemen perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, dalam kurun dasa-warsa belakangan ini, sudah hampir semua perusahaan atau dunia usaha menggolongkan HR atau SDM bukan lagi “hanya sebagai Faktor Produksi” akan tetapi sudah dimasukan sebagai “Asset Perusahaan”.

Sebagai Asset Perusahaan yang sangat bernilai, tentu saja HR atau SDM perlu perhatian lebih besar, memerlukan juga pemeliharaan yang baik maupun pengembangan yang terarah dan terpadu, serta diperlakukan secara “manusiawi”, karena memang “berwujud manusia” (bukan seperti Asset yang lain – yang berupa Harta tak bergerak).

Di setiap Divisi/Department/Seksi atau Unit-unit kerja di semua perusahaan, baik yang operasional maupun supporting (pendukung), pasti mengelola SDM sebagai pelaksana dari tugas-tugas yang dibebankan oleh Manajemen perusahan tersebut.

Para Kepala Divisi/Department/Seksi atau semua Kepala Unit kerja, adalah “pemakai” (baca: pengelola) SDM di lingkungannya masing-masing, yang tahu persis mengenai : kemampuan, ketrampilan, kebiasaan, perilaku dan prestasi kerja yang mereka capai.

Kebiasaan yang selama ini terjadi, bahwa semua urusan SDM selalu dikembalikan dan ditangani oleh HRD Department, sudah tidak jamannya lagi. Artinya semua Kepala Unit Kerja di perusahaan wajib “berfungsi” sebagai Human Resourses Management, sedangkan HRD Department akan menjadi Narasumber dan Fasilitator maupun membantu penuh untuk melaksanakan keputusan/kebijakan yang diusulkan oleh “pengguna” SDM tersebut.

Oleh karena itu, maka Kepala Unit Kerja (Non HRD Department) dirasa perlu untuk mengerti dan memahami sekilas mengenai “Human Resources Management”, karena alasan-alasan untama sebagai berikut: “keterlibatan” mereka sangat diperlukan sejak proses seleksi Karyawan, penempatan dan mempekerjakan, memberikan tugas, membimbing (tutorial), mengarahkan (dengan memberikan reward & penalty), menilai kinerja, mengembangkan (usul untuk pelatihan & pendidikan) dan bahkan sampai dengan promosi/rotasi dan mutasi (bila diperlukan) maupun rencana suksesi pimpinan di perusahaan.

Bagi organisasi yang ingin agar pimpinan puncak, pimpinan unit, eksekutif atau anggotanya mampu mengembangkan pemahaman tentang peran line manager dalam kegiatan HR dengan tepat, maka pelatihan Every Manager is HR Manager merupakan pilihan yang tak terelakan.

TOPIK PELATIHAN
  1. Manajemen Sumber Daya Manusia
    • Proses dan Kerangka Kerja Manajemen Sumber Daya Manusia
    • Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia
    • Tujuan dan hasil yang diinginkan dari Manajemen SDM
    • Kepemimpinan Unit/Kelompok dan Manajemen SDM
  2. Tampilan Manajemen SDM
    • Fungsi Spesifik HRM
    • Tampilan 1 – HRM adalah Departemen Terpisah
    • Tampilan 2 – Setiap Manajer adalah Manajer SDM
    • Proporsi Kepemimpinan dan Perannya dalam Manajemen SDM
    • Dampak dari tidak seimbangnya peran departemen HRD dan Line Manager
  3. Human Resources Planning
    • Perencanaan SDM dan operasi MSDM
    • Pengantar MPP dan ABK
    • Metodologi MPP dan ABK
    • Implementasi HRP
    • Peran Line Manager dalam HRP
  4. Perekrutan dan Penyeleksian
    • Perencanaan perekrutan dan seleksi
    • Proses Rekrutmen dan Seleksi
    • Pengantar Tehnik Wawancara STAR (Situation, Task, Action, Result)
    • Peran Line Manager dalam Rekrutmen dan Seleksi
  5. Program Pengembangan
    • Analisa Kebutuhan Pengembangan dan Pelatihan
    • Evaluasi Pengembangan dan Pelatihan
    • Strategi pengembangan bawahan di luar pelatihan
    • Peran Line Manager dalam Pengembangan dan Pelatihan
  6. Evaluasi Jabatan, Grading & Kompensasi
    • Bagaimana Gaji ditentukan?
    • Pengantar Evaluasi Jabatan, Grading dan Struktur Upah
    • Peran Line Manager dalam Evaluasi Jabatan, Grading dan Struktur Upah
  7. Manajemen Kinerja
    • Proses Manajemen Kinerja
    • Pengantar Teknik Penetapan Sasaran, Delegasi/Monitoring, Penilaian Kinerja, Pemberian Feedback dan tindak lanjut hasil Penilaian Kinerja.
    • Bias dalam Penilaian Kinerja dan cara Mengatasinya
    • Peran Line Manager dalam Manajemen Kinerja
  8. Punish & Reward
    • Pengantar Teori Motivasi Two Factor (Frederick Herzberg)
    • Strategi dalam Punishment dan Reward
    • Tools dalam Punishment dan Reward
    • Peran Line Manager dalam Punishment dan Reward
  9. Hubungan Industrial
    • Pengantar hubungan antara organisasi dan karyawan
    • Menangani masalah kedisplinan dan keluhan
    • Mengelola konflik dalam konteks industrial
    • Peran Line Manager dalam Punishment dan Reward
PESERTA
Praktisi, Spesialis, Supervisor, Manajer bidang terkait
METODE PELATIHAN
Games, Role Play, Group Discussion, Case Study, Simulation, Assignment
DURASI
Lama Pelatihan adalah 16 jam/ 2 hari
LOKASI
Hotel Balairung – Matraman, Jakarta
TRAINER

Para Professional, Trainer dan Praktisi Trainingmaster memiliki pengalaman profesional, konsultansi dan fasilitator di berbagai jenis perusahaan terkemuka baik lokal, asing maupun MNC (Manufaktur, Retail, Manajemen Properti, Financial Service, Perbankan, NGO dan lain-lain). Selain itu, para professional di Trainingmaster pernah menjalani posisi manajerial sampai top manajemen serta memiliki pengalaman praktis yang ekstensif terkait bidang keahlian sehingga mampu memberikan perspektif yang dalam dan unik dalam memecahkan masalah terkait materi yang menjadi obyek konsultasi atau training yang difasilitasi.

INVESTASI
– Rp 3.950.000,-/ peserta
– Modules + Training kit + USB + Coffee Break + Lunch + Sertifikat
– Early Bird pembayaran 15 hari sebelum Pelaksanaan Rp 3.500.000,-
– 5 Peserta dari perusahaan yang sama diskon 15% untuk semua peserta
– BONUS Ebook

 

FORMULIR PERMINTAAN INFORMASI
(TIDAK MENGIKAT)

Formulir permintaan informasi lebih lanjut. Mohon isi dengan data yang valid. Tim kami akan segera menindaklanjuti.

Data pendaftar

Judul Training

(Silahkan di-copy paste judul training yang Anda butuhkan)

Tanggal Training

(Isi dengan tanggal training yang terdapat di materi promosi)

Jumlah Calon Peserta

(Bisa diisi dengan perkiraan peserta yang akan ikut)

Nama-nama Calon Peserta

Nama Anda

Jabatan/Departemen/Divisi

Status (Pilih salah satu)

Perusahaan/Institusi

(Bagi peserta perseorangan isi dengan "personal")

Alamat

Email

Handphone

Telp Kantor

Ext

Fax

Pesan untuk Penyeleggara Training

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.